Mencari Makna Hidup dari Frankl


Berbicara soal makna hidup, aku punya bacaan artikel yang menarik di Cognito. Berikut ini saya kutip cuma di bagian akhurnya saja, tulisan lengkapnya silakan klik link di bagian akhir tulisan ini.

...

Makna hidup manusia yang satu dan yang lain memiliki keunikannya masing-masing, karena situasi hidup manusia berbeda satu sama lain. Makna itu pun tidak akan pernah habis, karena dengan menjalani pengalaman-pengalaman hidup yang baru, manusia terus-menerus memperbaharui makna hidupnya sendiri. Keberagaman dan kekayaan makna hidup itulah yang menjadi daya bagi manusia untuk menjalani hidup. Ketika pencarian makna hidup manusia berjalan dengan baik, ia tidak hanya dimampukan untuk bergembira dalam hidup, melainkan juga siap untuk menghadapi setiap situasi hidupnya, termasuk penderitaan. Tidak hanya berhenti sampai di situ, makna hidup akhirnya juga memampukan manusia untuk memberikan dirinya bagi orang lain.

Menurut saya, buku Man’s Search for Meaning merupakan sebuah buku filosofis yang ditulis dengan bahasa yang sederhana. Buku ini mengajak kita untuk menyadari eksistensi manusia sebagai pengada hidup, sebuah terminologi neutrum untuk “manusia”. Manusia memiliki kebebasan untuk tidak ditentukan oleh situasi. Ia tidak kalah ketika sedang berada “di bawah”. Ia tidak tergilas oleh kerasnya hidup. Belajar dari Frankl, apa yang membuat kuat adalah kemampuan manusia sendiri untuk memberi makna. Kemampuan inilah yang perlu terus-menerus dilatih dalam praktik hidup harian. Sesederhana apapun pengalaman yang kita dapatkan dalam hidup kita sehari-hari pasti memiliki makna yang bila digali pasti akan memunculkan signifikansi yang mendalam.

Sesaat setelah selesai membaca buku ini, seorang teman saya berceletuk, “Hmm… Nggak ada gunanya dulu saya nangis nggak karuan ketika diputuskan pacar. Frankl yang hidupnya berat aja masih bisa bertahan.” Saya cuma bisa tersenyum kecut mendengarnya.

...

Tulisan ini merupakan ulasan dari bukunya Viktor Frankl berjudul Man’s Search for Meaning. Menarik ya, untuk mencari makna hidup memang kita perlu banyak belajar dan membaca dari para tokoh yang punya pemikiran cemerlang seperti Frankl.

*Dikutip dari Cognito

Comments

Popular posts from this blog

Pandemi Melonjak, Servis Jangan Sampai Telat dengan Layanan Service Mitsubishi

Mencari Makna dalam Kata